Awal Tahun 2014

tahun 2013 berlalu…  jelang masa baru tahun 2014…

semangat ditambahkan… semoga diberi keehatan dan kesuksesan dalam keberkahan Allah SWT…

Iklan

Hari Raya Idul Fitri 1430H tahun 2009 di Indonesia – Keputusan Bersama Untuk Ummat

Lebarannya kapan ya ?

Ya betul… itu pertanyaan yang terpikirkan saat menjelang berakhirnya bulan Ramadhan di beberapa tahun ini… bukan karena tidak sabar menunggu datangnya hari penting tersebut, tapi terlebih karena beberapa tahun terakhir selalu ada tanggal yang berbeda…

Tak terkecuali juga untuk Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri 1430H / 2009M ini yang berharap tanggal masehi semuanya sama… oleh sebab itu kita juga perlu lihat tanggalnya secara lebih teliti… gak lain gak bukan supaya lebaran lebih seru…

DI tahun ini awal puasa kali ini sukses…. Seluruh warga kayaknya mulai di awal yang sama, maka asumsinya akhirnya (lebarannya….) akan sama juga …

Ya… setelah hampir sebulan penuh menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadhan tibalah saat datangnya hari Kemenangan… Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1430H… maka untuk mengurangi kesedihan ditinggal bulan Ramadhan yang penuh berkah ini bisanya kebanyakan kita mulai mempersiapkan hari kemenangannya… hari raya Idul Fitri… setelah persiapan mudik siap (bagi yang mudik…) kemudian kartu ucapan ataupun SMS ucapan Selamat Idul Fitri tentunya yang ditunggu berikutnya adalah kapan Hari Raya Idul Fitri 1430H jatuh di tanggal Masehi ?

Beberapa hal yang mungkin sudah kita ketahui :

  • Diawal tahun kita sudah lihat di kalender bahwa hari pertama Hari Raya Idul Fitri 1430H jatuh ditanggal 21 September 2009
  • Untuk kepentingan pelaksanaan ibadah Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Idul Adha bagi Umat Islam, maka tanggal 1 Ramadhan 1430 H, 1 Syawal 1430 H, dan 10 Dzulhijjah 1430 H ditetapkan kemudian dengan Keputusan Menteri Agama. Lengkap postingnya bisa lihat disini.
  • Penanggalan yang dibuat secara elektronik dan software bahwa Hari Raya Idul Fitri 1430H jatau 1 Syawal 1430H bisa bertepatan jatuh di tanggal 20 September 2009.
  • Puasa dimulai dari tanggal 22 Agustus 2009, maka menurut perhitungannya tanggal 20 September 2009 adalah Hari Raya Idul Fitri 1430 H

Oke…. Dengan fakta diatas sudah mantap ?…. wah belum…. Makanya saya melakukan LDM kembali…. (LDM = Langlang Dunia Maya)…. Untuk cari info lebih jauh lagi…. Nah berikut ini beberapa info tambahan yang bisa didapat :

  • Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan 1 Syawal 1430 H jatuh pada 20 September 2009. “Berdasarkan hasil hisab tersebut maka Pimpinan Pusat Muhammadiyah mengumumkan bahwa 1 Syawwal 1430 H jatuh pada hari Ahad Legi tanggal 20 September 2008,” tulis maklumat yang dikeluarkan pada 11 Juni 2009.
  • Berita online dari situs Departemen Agama kemungkinan lebaran diperkirakan 20 September 2009. Walaupun Pemerintah belum menetapkan, namun Menteri Agama, Maftuh Basyuni punya perkiraan. “Idul Fitri diperkirakan tetap tanggal 20 September,” kata Maftuh Basyuni di Gedung Dewan, Senayan, Jakarta, Senin 14 September 2009. Perkiraan tersebut bukan tanpa dasar. Menurut Maftuh, hari itu diperkirakan berdasarkan perhitungan yang memprediksi bahwa tanggal 19 September, hilal berada di atas ufuk. “Jadi berdasarkan data-data yang ada sudah bisa dilihat,” tambah dia. Penetapannya adalah pada sidang istbat tanggal 19 September pukul 16.30 untuk menentukan hal itu. Berita lengkap lihat disini.
  • Seorang kawan blogger dengan menggunakan ilmunya maka Berdasarkan data-data penghitungan yang diperoleh, maka besar kemungkinan Idul Fitri 1430H akan dirayakan secara bersamaan pada tanggal 20/09/2009, karena ijtimak baru terjadi pada pukul 01:44, dan pada sore harinya bulan sudah berada diatas 5°. Lengkapnya termasuk caranya lihat disini saja.
  • Blog dengan informasi beragam dari beberapa sumber tentang penentuan hari lebaran yang kesemuanya (Posting lengkap lihat saja disini ) berada di tanggal 20 September 2009 yaitu yang merupakan Keputusan PP Muhamadiyah, Keputusan PP PERSIS, Keputusan PBNU, PWNU Jatim, Keputusan PP Al irsyad dan Ketua Mui.
  • Arab Saudi telah mengumumkan Idul Fitri tahun 2009M ini akan jatuh pada hari Ahad, 20 September 2009. Info lengkap lihat disini.

Menurut saya… LEbaran 2009 kali ini akan bersama secara bersamaan dirayakan oleh seluruh Umat Islam di Indonesia. Jadi…. Mari sama sama berdoa…. Supaya lebaran tahun ini ada di tanggal 20 September 2009…  nfo versi terakhirnya kita tinggal menunggu hasil keputusan sidang Isbath yang menentukan 1 syawal 1430 pada tanggal 19 september 2009.

Semoga kita semua mendapatkan Rahmat, Ridho dan Berkah dari Allah SWT… Insya Allah… Amien

Mudik Asik Dengan Fitur Flexi Combo Terbaru – Langsung Aktif di Kota Tujuan



L
ebaran sebentar lagi…

Ritual tahunan yang mesti ada adalah mudik dan biasanya selalu melibatkan lebih dari 1 kota dalam proses menjalankannya, Nah untuk menjalankannya dengan penuh konsentrasi… biasanya dibutuhkan alat komunikasi yang seru… yang tidak merepotkan tapi handal…

Oh ya… anda penguna flexi ?…. kalau saya ya… lho kok nanyanya tentang flexi… hehehe… soalnya ini melibatkan flexi sih… belum pakai flexi ?…. waduh…. cepet beli sekarang… supaya tidak ketinggalan kehebohannya…. wedew jadi promosi nih… FLexi kudu bayar saya yang beriklan nih…. hehehehehe….

Beberapa hari ini seorang kawan saya yang baik hati dari Flexi, menginformasikan fitur barunya flexi yang memudahkan pengunanya terutama saat sedang keluar kota seperti mudik ini kepada saya…. ingat tulisan yang sama tentang flexi combo beberapa waktu lalu ? kalau belum inget coba deh search tulisannya di blog ini ya…. 🙂

Kalau begitu apa bedanya dengan yang dahulu-dahulu itu ?…  Kalau dahulu untuk mengaktifkan FLexi combo, maka kita melakukan set sebagai berikut

sebelum keluar dari kota tempat nomor, maka kita perlu melakukan
ketik sms : on [nama kota] atau [kode sljj] kirim ke 777
misal : on bandung atau on 022

Perkembangan yang terbaru adalah :

setelah sampai di kota tujuan, maka kita perlu melakukan
tekan tombol *777*kode area kota tujuan# kemudian tekan tomboll call/yes (biasanya warna hijau)

Nah… teman saya yang baik hati itu memberikan tips asik… lebih heboh… meskipun belum dilaunching secara resmi, tetapi menurut teman saya tersebut fitur ini sudah dapat dimanfaatkan… konsekuensinya… kalau masih ada masalah ya mohon maaf lahir batin… dan masih belum bisa ditanyakan ke call center nya di 147… hehehe…

dengan fitur flexi combo terbaru ini maka kita tambah mudah lagi, karena kita tidak perlu set up nomornya sebelum kita kekota tujuan (seperti metode pertama) dan kita tidak perlu mengingat kode kota tujuan lagi (seperti metode kedua)…. hebat kan…. nah caranya seperti ini :

di kota tujuan tekan tombol *789 (bintang tujuh delapan sembilan) kemudian tekan tombol call/yess (biasanya warna hijau)

CUma gitu ??…. ya cuma gitu… Mantap kan…  jadi setiap kita ke kota yang baru kita aktifkan flexi kita dengan kode diatas… nggak repot kan…

sayangnya kali ini saya belum bisa coba langsung fitur itu… soalnya tahun ini tidak bisa ikutan mudik… hiks….

Semoga bermanfaat…. Mohon Maaf Lahir Bathin ya…

Marhaban Yaa Ramadhan – Jadwal Puasa Ramadhan 1430H/2009M


Yaa ayyuhalladzi na’amanu qutiba ‘alaikumussyiam kama qutiba ‘alalladzi naminqablikum la’allakum tattaqun.

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu bertaqwa”.
(QS. Al Baqarah: 183)

Marhaban Yaa Ramadhan….

Insya Allah mulai tanggal 22 Agustus 2009 mendatang kita akan memasuki bulan suci Ramadhan 1430H, Bulan yang telah satu tahun kita rindukan datangnya…. Perkenankan saya menyampaiakan…

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa…. Semoga Allah SWT memberikan kemudahan, ketabahan dan kelapangan hati dalam menjalankan…. Mohon maaf lahir bathin ya… atas segala kesalahan saya yang disengaja maupun tidak sengaja…. semoga kita semua diberikan kemudahan dan ketabahan dalam menjalankan ibadah puasa Ramadhan di tahun 1430H ini…

Kalau ada yang belum punya jadwal puasa silahkan lihat saja ke link berikut ini :

  1. PKPU disini… hampir banyak kota sudah ada jadwalnya…
  2. Microdetik disini
  3. Website milik pembuat Jadwal; Sdr. Ibnu Zaid Abdul Moeid disini

tapi kali ini ada beberapa informasi lebih untuk anda tentang jadwal imsakiyah 1430H… Berikut ini adalah jadwal Imsakiyyah untuk wilayah beberapa kota kota di Indonesia juga kota di beberapa negara lain… yang menarik adalah karena jadwal puasa tersebut berlaku dari tahun 1317-9665H atau 1900-9999M dan berlaku untuk bebeberapa kota di dunia termasuk Indonesia…  mudah dan bisa langsung dicetak… tinggal ganti nama kotanya… Insya Allah nama kota anda sudah ada… oh ya tahun depan juga Insya Allah Jadwal Puasa ini masih bisa dimanfaatkan… tinggal ganti saja tahun Hijriahnya… Berikut beberapa link untuk download file file dimaksud….

  1. di SalafiShare, file yang ini hanya perlu mengisikan nama kotanya saja….
  2. file diatas juga bisa didownload disini
  3. atau file jadwal yang bisa diupdate tahun Hijriah dan nama lokasi kotanya bisa didownload disini

Atau jika ingin yang langsung jadwal yang bentuk PDF bisa kunjungi blognya masbadar untuk beberapa kota di Indonesia… terima kasih ya masbadar…..

Tapi khusus untuk warga kota Batam… supaya bisa langsung lihat jadwal puasa kali ini silahkan lihat gambar dibawah ini yang merupakan hasil dari aplikasi diatas…. tinggal download dan cetak…. 🙂

Sekali lagi… terima kasih buat seluruh pihak yang menyedian informasi ini… semoga bermanfaat untuk banyak orang…

Selamat Melaksanakan Ibadah Puasa…

DIRGAHAYU KE 64 REPUBLIK INDONESIA

Sejak catatan terakhir Dirgahayu yang ke 63 yang lalu…. banyak sekali peristiwa yang telah dialami oleh negara ini… dari bencana alam sampai teror bomb…. tapi tak hanya itu banyak prestasi yang juga berhasil diraih….

Ada hal yang membuat saya terbingung… belum lama ini… kembali Indonesia di teror bomb lagi… haduh…

Terbingung karena tak mengerti kenapa kok Indonesia yang menjadi target… kenapa  kok di Indonesia… hasilnya… sangat menyusahkan semua orang… tilik alasannya…. ah… kok juga gak masuk akal yah… maksudnya kenapa di Indonesia… Ah… moga moga saja segera disadarkan oleh Allah SWT…. semoga mereka cepat mendapatkan hidayahnya….

Momentum HUT RI ke 64 ini perlu sama sama dijadikan salah satu ‘mile stone’ bahwa Indonesia akan semakin cemerlang dan jaya… dan itu semua adalah atas kontribusi semua rakyatnya…. 😀

Jalan jalan kunjungan ke situs resmi negara kita tercinta Republik Indonesia ada tema pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ada di dalam logonya isinya :

“Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Tingkatkan Kedewasan Kehidupan Berpolitik dan Berdemokrasi serta Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional Menuju Indonesia yang Bersatu, Aman, Adil, Demokratis dan Sejahtera”

Jadi diri sendiri… jadi yang benar benar Orang Indonesia… sama sama kita bangun bangsa… sama sama kita membangun ekonomi… sama sama kita jaga keamanan negara kita…. dan semua ini cuma perlu kita lakukan mulai dari diri kita sendiri yang perlu kita bela dari seluruh aspek kehidupan di negara ini…

Yuk… kita buktikan… bahwa kita adalah bangsa yang HEBAT ! …..

DIRGAHAYU KE 64 REPUBLIK INDONESIA


JAYALAH SELALU INDONESIA KU ! MERDEKA !

Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1429H

Sebening embun pagi yang segar berseri sambut datangnya pagi hari kemenangan. Tiada embun yang lebih bening selain beningnya hati, tulusnya jiwa membuka pintu maaf di hari nan Fitri.

Dengan segala kerendahan hati dan tulusnya hati yang paling dalam, terucap untuk beningnya hatimu dan sucinya fitrahmu….

“Taqabalallahu Minna Wa Minkum Shiyamana Wa Shiyaamakum Wa Kullu Amin Bikhair, Selamat Hari Raya Iedul Fitri 1 Syawal 1429H, Minal Aidzin Wal Faidzin, Mohon Maaf Lahir & Batin”

Amin

Lihat Kartu Ucapan Lainnya
(KapanLagi.com)

Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1429H

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa
sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu, agar kamu
bertaqwa”.
(QS. Al Baqarah: 183)

Akhirnya ada berita resmi tentang jadwal Puasa Ramadhan lihat saja di websitenya Departeman Agama dengan beritanya tentang pemerintah menetapkan awal Ramadhan 1429H dan tentang awal Ramadhan 1429H mulai senin 1 September 2008

Jadi mulai 1 September 2008… umat Muslim di Indonesia sudah mulai berpuasa Ramadhan…

Untuk itu saya mengucapkan

Selamat Menunaikan ibadah puasa bagi yang menjalankannya… Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dan kelapangan dalam menjalankannya…

Mohon Maaf Lahir dan Bathin

Seperti postingan saya yang dulu… Kalau ada yang belum punya jadwal puasa silahkan lihat saja ke sini… hampir banyak kota sudah ada jadwalnya…

Dan masih seperti dulu ada beberapa kota belum ada di versi online ini… jadi untuk kota anda yang belum tercantum… silahkan pakai yang terdekat saja ya… khusus untuk yang bertempat tinggal di kota Batam… kalau belum punya yang bersi cetak silahkan manfaatkan versi ini dulu 😀

Sekali lagi… terima kasih buat content online PKPU yang menyedian informasi ini… semoga bermanfaat untuk banya orang…

Selamat Melaksanakan Ibadah Puasa…

DIRGAHAYU KE 63 REPUBLIK INDONESIA

Sehari setelah perayaan Hari Ulang Tahun Negara kita Indonesia Rata, kemarin kemarin ada saja yang masih harus disibukin…

Seperti tahun-tahun lalu perayaan kali ini juga selalu mengikuti upacara di kantor… pada rangkaian upacara sempat pikiran melayang tentang negara kita tercinta ini… tentang negaranya… tentang orang-orangnya… sempat berpikir… sebenarnya kita tidak perlu terlalu banyak benchmark dan bahkan mencontoh dengan negara asing… yang katanya semua-semua hebat… semua semua bebas… semua semua pintar… dll

Wah…. kita ini sebenarnya bangsa yang hebat lho… nggak usah nyontoh terlalu banyak negara asing itu… kita punya budaya sendiri yang luar biasa… malahan kalau menurut saya… hasil nyontoh negara asing malah nggak bikin negara kita tambah maju kok… yang katanya di negera tersebut boleh begini boleh begitu (maksudnya bebas banget….)… begitu di negara kita malah kitanya yang hancur…

Jalan jalan kunjungan ke situs resmi negara kita tercinta Republik Indonesia ada tema pada peringatan HUT Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang ada di dalam logonya isinya :

“Dengan Semangat Proklamasi 17 Agustus 1945, Kita Lanjutkan Pembangunan Ekonomi Menuju Peningkatan Kesejahteraan Rakyat, Serta Kita Perkuat Ketahanan Nasional Menghadapi Tantangan Global”

Intinya kita harus jadi diri kita sendiri… jadi bangsa Indonesia sebenarnya… bukan bangsa Indonesia dengan gaya amerika atapun inggris atau negara manapun juga… karena jika tidak menjadi diri kita sendiri secara tidak langsung kita bangsa Indonesia telah dijajah secara budaya oleh negara lain… yang juga merupakan tantangan global…

Kutip kata mas Hakim di blognya

Meski terus dilanda berbagai persoalan; bencana alam, intrik politik, kasus korupsi, suap-menyuap, praktek kriminalitas dan persoalan pelik lainnya… namun bagaimanapun Indonesia adalah negeri kita… tempat kita lahir, tumbuh, belajar dan beraktifitas. Siapa lagi yang akan membelanya kecuali kita, rakyat yang berada dalam kedaulatannya.

Oh ya… makasih ya mas Hakim atas logo dan kutipannya yang bagus… 😀

Yuk… kita buktikan… bahwa kita adalah bangsa yang HEBAT ! tanpa harus jadi seperti bangsa asing…

JAYALAH SELALU INDONESIA KU ! MERDEKA !