Si Ultraman Kena Bayi Kuning

Sembilan hari berselang dariposting terakhir aku… akhirnya tersempat juga untuk nge-bloging….rasanya kayak ada PR yang belum beres dikerjakan…. weleh kecanduan banget nampaknya…

Beberapa hari ini disibukkan ngurusin si ultraman tiga yang baru lahir…rupanya dia nggak bisa langsung pulang… diagnosis awal pak dokteranak bahwa si ultraman tiga ni kurang sehat karena agak kekuningan…. lah harusnya malah bangga yak… anaknya berkulit kuning…

Bukan berkulit kuning yang sifatnya penampilan… tapi indikasi adanya ketidaksehatan yang ditandai dengan kekuningan… tadinya sih aku juga udah curiga juga sih… ini bayi kok agak aneh warna mukanya…. diseputaran hidungnya warna kuning-kuning…

Untukmemastikannya akhirnya pak dokter anak melakukan diagnosis lanjut dengan memeriksakan darah ke laboratorium untuk memeriksa diagnosis awalnya tadi… parameter yang diperiksa adalah Bilirubin….

Ternyata hasilnya memang mengejutkan… dalam kondisi normal maka skala rujukan kadar bilirubin dalam darah adalah 0 sd 10…. nah si ultraman tiga ini dapet skor lumayan tinggi 16,75….. maka terpaksalah dia tidak bisa ikut pulang bersama mamanya, karena dia harus tetap tinggal di rumah sakit untuk menjalani terapi dengan cara menyinari seluruh tubuh bayidengan sinar… nama perangkatnya phototherapy… minimal lama penyinaran adalah 24 jam…

kalau mau tahu lebih banyak tentang bilirubin atau bayi kuning ini bisa lihat di sini atau juga ke webnya Nakita.

Beberapa indikasi bayi yang baru lahir terkena bayi kuning antara lain

  • Tampak secara fisik warna kuning pada kulit bayi…. dimulai bertahap dari arah kepada menuju ke kaki… kalau si ultraman ini kelihatan sekali di bagian hidungnya… bagian tubuh lainnya gak keliatan…. kan dibedong….
  • Bayi tampak tidak aktif, sulit menyusu dancenderung lebih banyak tidur… nah menurut si suster di kamar bayi…si ultraman ini memang sulit minum susunya dan saat dibawa ke kamarmamanya dirawat dia lebih banyak tidurnya…

Supaya pasti ya ke dokter anak dan minta cek darah untuk priksa kadar bilirubinnya…

Akhirnya…. setelah menjalani terapi sinar yang cukup lama…. si ultraman diperbolehkan pulang karena pada hasil cek darah keduanya hasilnya sudah cukup baik yaitu 9,8… syukur Alhamdulillah…. ada di batas normal…

Sebelum pulang ada beberapa pesan dari pihak rumah sakit untuk perawatan bayi dirumah…. untuk memastikan progress yang cukup baik atas peningkatan kesehatan bayi yang kuning… seperti :

  • selama 2 minggu setiap pagi si bayi harus dijemur paling tidak 15 menit dibawah sinar matahari…. repotnya beberapa hari ini cuaca mendung dan cenderung hujan…😦
  • memberikan susu ASI ataupun Susu Formula secara rutin per tiga jam an tanpa
    menunggu bayi menangis meminta…. kecuali jika bayinya nangis mintasusu sebelum 3 jam…. ya langsung kasi saja….

Sudah 3 hari ini si ultraman dirawat di rumah…. dan Alhamdulillah saat ini semakin sehat saja dan semakin menggemaskan…

Powered by ScribeFire.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s