Urusan Bank di Internet…

Bangbingbung yu kita nabung
Tangtingtung yu jangan dihitung
Tiap bulan tau2 dapet untung

Inget potongan lirik lagunya eyang titik puspa ? inget pasti cuma pasti gak inget nyanyi ya…. samaaa….

Inget-inget historis urusan bank ku jadi teringat sesuatu…
Dulu kira-kira tahun 80an… halah lama banget….  Rasanya keren banget kalo udah punya buku tabungan di bank… soalnya waktu itu urusan sama bank angker banget…. maklum anak kecil…🙂

Waktu itu juga masih kebanyakan anak-anak nabung di celengan dari tanah liat… biasanya bentuknya ayam… makanya popular kalo disebut “celengan ayam”… tiap hari diisi dari sisa uang jajan… begitu penuh trus dipecahin untuk beli benda yang jadi impian…. kalo belum ada yang dibeli tapi udah penuh ya tinggal beli “ayam” satu lagi untuk diisi lagi….

… oke kembali ke cerita…  sambil bergaya tukul…
jaman itu punya buku tabungan keren banget… selain itu bisa dipamerin ke temen-temen tanpa khawatir duit nya di kutip …. hi hi hi…

semakin maju jamannya rupanya kebutuhan urusan bank jadi tambah maju juga… punya buku tabungan tapi belum punya ATM (Automatic Teller Machine) belum lengkap rasanya…

awalnya sih karena bisa buat gaya juga… disamping fungsi utamanya yaitu menjadi salah satu kemudahan bagi nasabah bank untuk bisa ngambil duid gak perlu ke kantor bank nya….

Sempat juga jadi penciptaan citra gengsi bahwa pemegang ATM adalah orang-orang yang penting dan sibuk saja… karena ambil uang di ATM nggak perlu antri, nggak perlu isi form dan nggak perlu datang ke kantor banknya…. Bertambahnya waktu… citra ATM menjadi bergeser akhirnya menjadi ke fungsi sesungguhnya… yaitu memudahan pengambilan duid… cuma kalo sekarang… di ATM juga antri… weh… cape deh…

Inovasi urusan banking semakin maju… malah sekarang ada yang namanya i-banking… tentunya banyak perkembangan lainnya… cuma ini yang menurutku asik….

Bayangkan… dengan adanya i-banking ini bahkan orang tidak perlu repot-repot datang ke kantor bank ataupun ATM untuk urusan bank… kecuali tentunya adalah pengambilan cash… kalo ini sih kudu dateng ke bank atau ke ATM donk…

Banyak urusan bisa dilakukan  secara online… seperti

  • melihat posisi saldo
  • melihat historis transaksi
  • melakukan transfer dana
  • melakukan pembelian, pembayaran ataupun transaksi lainnya

Untuk masalah keamanan tentunya memang harus extra hati-hati donk… yang pasti sebelum menggunakan jasa i-banking ini harus membaca aturan dan kebijakan yang ada yang dibuat oleh bank bersangkutan… kalo disiplin pasti hasilnya bagus…

Saat ini beberapa bank yang memberikan layanan Online Banking antara lain :

Bank BCA
Bank Mandiri 
Bank LippoBank
Bank Bukopin
Bank BNI

Belum punya ??…. wah nggak keren…. Daftar aja ke bank nya…

beberapa bank memberikan metode pendaftarannya melalui mesin ATM… kemudian untuk menambah keamanan transaksi secara online, maka ada beberapa yang perlu diperhatikan

  • selalu perhatikan aturan yang dibuat oleh pihak bank untuk transaksi secara online
  • simpan dan ingat login dan password untuk transaksi online
  • selalu gunakan terminal pribadi (komputer, pda, hp.. dll) untuk mengakses banking online, hindari penggunaan terminal yang digunakan secara bersama.
  • perhatikan tanda keamanan di browser… lihat tanda gembok…  yang menyatakan mode security nya aktif…
  • pakai perangkat token.. alat untuk memberikan kode acak… untuk setiap transaksi..
  • banyak lagi….

Sekarang jamannya belanja-belanja lewat internet juga eh ada peluangnya pula… nanti aku ulas deh….

Dah… sekarang silahkan dipelajari… trus segera daftar… hari gini masih transfer pake atm atau di kantor bank…

Powered by ScribeFire.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s